CD Pembelajaran

CD pembelajan
CD Pembelajaran.
Pengertian CD Pembelajaran.
CD pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangan mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik menerima materi pembelajaran secara lebih mudah dan menarik. Secara fisik CD pembelajaran merupakan program pembelajaran yang dikemas dalam CD. Program CD yang dimaksud dalam pedoman ini adalah program-program yang diproduksi oleh SEAMOLEC.
Tujuan
Tujuan Umum
• Secara umum tujuan penyusunan pedoman pemanfaatan ini adalah agar pemanfaatan program CD pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal, memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis.
• Mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan daya indera siswa maupun pengajar.
• Dapat digunakan secara tepat dan berfareasi :
– Meningkatkan motivasi dan gairah belajar para siswa untuk menguasai materi pelajaran secara utuh.
– Mengembangkan kemampuan siswa dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya terutama bahan ajar yang berbasis ICT..
Tujuan Khusus
Secara khusus pedoman ini dimaksudkan untuk membantu agar :
• Kepala sekolah dapat mengelolah kegiatan pemenfaatan program CD pembelajaran di sekolah.
• Guru dapat memanfaatkan program CD pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
• Pembina dan pengawas pendidikan dapat membina pemanfaatan CD pembelajaran pada sekolah-sekolah di wilayahnya.





Posted on Maret 6, 2012by cdbahanajar
CD Interaktif adalah salah satu media interaktif yang masih baru dikenal, media ini merupakan pengembangan dari teknologi internet yang sanagt terkenal saat ini, data membuktikan bahwa lebih dari 200 juta orang menggunakan media interaktif ini.
CD Interaktif merupakan sebuah media yang dapat dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) yang tujuannya adalah aplikasi interaktif didalamnya dan juga mempunyai beberapa menu yang dapat diklik untuk menampilkan suatu informasi tertentu.
Persamaan CD Interaktif dengan internet adalah sama-sama menggunakan sistem navigasi pada saat operasionalnya, namun bedanya jika CD Interaktif secara offline maka internet secara online.
Sebagai sebuah produk, CD Interaktif merupakan pemecahan suatu masalah berdasarkan pendekatan komunikasi visual, monitor merupakan media komunikasi visual yang tampilannya tidakberbeda dengan desain majalah atau surat kabar.
Membuat halaman CD Interaktif tak ubahnya membuat halaman web, karena secara umum halaman web sama dengan halaman CD Interaktif.
Dari berbagai pendapat, beberapa elemen yang dibutuhkan dalam proses perancangan sebuah CD Interaktif yang artistik dan efektif adalah Tipografi, Simbolisme, Fotografi, Warna, Ilustrasi, nuansa, animasi dan halaman depan.
Kelebihan dari CD Interaktif adalah :
§  Penggunanya bisa berinteraksi dengan komputer
§  Menambah pengetahuan atau materi pelajaran yang disajikan dalam CD Interaktif
§  Tampilan audio visual yang menarik
Sedangkan kekurangan dari CD Interaktif adalah
§  Karena medium yang bisa digunakan cuma komputer jadi hanya para pemakai komputer saja yang bisa memakainya.
§  Pemakaiannya harus lebih hati-hati agar tidak tergores, terkena panas,  dan lain-lain.



1 komentar: