Ditulis oleh: -

Jurnal Komputasi Modern

Jurnal mengenai perbandingan cloud computing & grid computing

Abstraksi jurnal :
Cloud computing emerges as one of the hottest topic in field of information technology. Cloud computing is based on several other computing research areas such as HPC, virtualization, utility computing and grid computing. In order to make clear the essential of cloud computing, we propose the characteristics of this area which make cloud computing being cloud computing and distinguish it from other research areas. The service oriented, loose coupling, strong fault tolerant, business model and ease use are main characteristics of cloud computing. Grid computing in the simplest case refers to cooperation of multiple processors on multiple machines and its objective is to boost the computational power in the fields which require high capacity of the CPU. In grid computing multiple servers which use common operating systems and software have interactions with each other. Grid computing is hardware and software infrastructure which offer a cheap, distributable, coordinated and reliable access to powerful computational capabilities. This paper strives to compare and contrast cloud computing with grid computing from various angles and give insights into the essential characteristics of both.

Terjemahan :
Komputasi awan muncul sebagai salah satu topik trend di bidang teknologi informasi. Cloud computing didasarkan di beberapa daerah penelitian komputasi lain seperti HPC, virtualisasi, komputasi utilitas dan komputasi grid. Agar jelas pentingnya komputasi awan, kami mengusulkan karakteristik bagian ini yang membuat cloud computation  membedakannya dari bagian penelitian lainnya. Layanan berorientas,loose coupling, fault tolerant yang kuat, model bisnis dan penggunaan kemudahan adalah karakteristik utama dari komputasi awan. Komputasi grid di kasus yang paling sederhana mengacu pada kerjasama beberapa prosesor pada beberapa mesin dan tujuannya adalah untuk meningkatkan komputasi kekuasaan di bidang yang membutuhkan kapasitas tinggi dari CPU. Dalam server komputasi grid beberapa yang menggunakan sistem operasi umum dan perangkat lunak memiliki interaksi satu sama lain. Komputasi grid adalah hardware dan perangkat lunak infrastruktur yang menawarkan, murah didistribusikan, akses terkoordinasi dan dapat diandalkan untuk kuat kemampuan komputasi. Tulisan ini berusaha untuk membandingkan dan kontras dengan komputasi awan komputasi grid dari berbagai sudut dan memberikan wawasan ke dalam karakteristik penting dari keduanya.

Berdasarkan dari abstraksi di atas dapat kita simpulkan bahwa komputasi awan dan komputas grid sedang menjadi trend dalam bidang teknologi informasi. dalam jurnal tersebut penulis membandingkan antara cloud computing dan grid computing dalam berbagai sudut, konsep keduanya hampir mirip satu dan lainya. akan tetapi seiring berkembangnya perkembangan teknologi informasi cloud computing menjadi lebih populer ketimbang grid computing.
  • Apa itu cloud computing?
Jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia cloud computing adalah komputasi awan, atau penggabungan antara teknologi computer (komputasi) dan internet (awan).
  • Apa itu grid computing?
Adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak computer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memcahkan masalah komputasi yang besar.
  • Perbedaan keduanya?
Dapat disimpulkan bahwa cloud computing adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui internet sama seperti grid computing, akan tetapi grid computing memerlukan perangkat tambahan (hardware) untuk menggunakan sumber daya agar proses komputasi dapat berjalan maksimal. sedangkan cloud computing hanya menggunakan software pada server tanpa memikirkan hardware yang perlu dipakai. itulah alasan kenapa hingga saat ini cloud computing menjadi lebih populer dibandingkan grid computing.



jurnal


0 komentar " ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar